Hal sederhana yang sangat mempengaruhi hasil akhir saat bermain ranked di game di game Mobile Legends: Bang Bang! ( Part 2 )

Hal sederhana yang sangat mempengaruhi hasil akhir saat bermain ranked di game di game Mobile Legends: Bang Bang! ( Part 2 )

Hal sederhana yang sangat mempengaruhi hasil akhir saat bermain ranked  ( Part 2 )


Oke, dari judulnya mungkin kawan sudah tau artikel ini adalah lanjutan dari Hal sederhana yang sangat mempengaruhi hasil akhir saat bermain ranked di game di game Mobile Legends: Bang Bang! ( Part 1 ) dan ini gak kalah penting sama part 1 kawan, jadi di simak dan di ingat ya, agar lebih
mudah naik ranknya, karena game mobile legend ini menurut andre bukan hanya sekedar membunuh musuh dan menghancurkan torret saja, karena untuk melakukan hal itu di butuhkan kerja sama tim yang solid, untuk membangun tim tentu kita perlu mengetahui hal apa saja yang perlu kita perhatikan sebagai individu di dalam tim dan apa yang harus kita lakukan dengan hero andalan kita,


Oke, langsung aja ini lanjutannya kawan, check this out.


8. Posisi


Sebelum war, perhatikan posisi heromu. Tank didepan, kemudian fighter, mm dan mage/support dibelakang. Bagi assasin, carilah posisi yang tidak terduga, seperti disemak-semak.


9. War

  • Tank - sebelum memulai war/open war, lihatlah mini map. Jangan pernah open war ketika teman kalian berada jauh dari tim, tunggulah dia. 4 vs 5 sudah pasti kalah.

  • Fighter - ketika war, pastikan skill lawan sudah keluar, baru masuk war. Tapi, jangan sampai tank mati duluan kemudian masuk war.

  • Marksman - usahakan tidak berada ditengah war, karna tim lawan akan lebih mudah membunuhmu. Jangan biarkan timmu war tanpamu.


  • Mage/Support - selalu ikuti timmu, jangan pernah membersihkan jalur sendirian, kecuali keadaan tertentu. Selalu persiapkan skillmu ketika war, dan jangan sampai salah mengeluarkan skill.


  • Assasin - jangan pernah open war, masih banyak assasin yang selalu open war, seperti karina, saber. carilah tempat yang aman. Selalu incar mage atau mm dari belakang musuh.


Selain tank, jangan pernah menyerang musuh ketika tank kalian sudah terbunuh. Maka, seranglah lawan ketika lawan menyerang tankmu. Jangan biarkan tankmu mati sia-sia.


10. Spell dan Build


  • spell - Sesuailan spell kalian dengan lawan dan teman setim. Contoh, di tim kalian memiliki hero Irithel, Gatot Kaca, Aurora, Hayabusa, dan kalian menggunakan Saber, jika awalnya kalian memakai spell retri, gantilah dengan stun atau lainnya. Tetapi di tier Mythic ke atas, dalam tim itu minimal 3 hero memakai retri, gunanya agar menang ketika mencuri creep lawan, pada posisi 1-1-3. Kalau tidak terbiasa, jangan ditiru.


  • Build - Selalu sesuaikan build/item kalian dengan hero lawan. Contoh, tim lawan tidak memiliki hero mage, bagi tank gantilah build/item yang memiliki magic resis dengan item yang memiliki tambahan armor.


11. Komunikasi


Berkomunikasilah yang baik, sopan, dan santun. Mungkin ini hal yang paling sepele, ketika kalian bac*tin tim atau menghina salah seorang tim, ini sangat berdampak buruk bagi tim. Kalau yang dibac*tin afk gimana? sudah pasti kalian kalah. Kalau pun tidak afk, dia akan tertekan dan kehilangan fokus, hasilnya permainnya semakin memburuk, dan kalah. Selalu semangati tim kalian. Kalau ditim saya ada yang bermain buruk, biasanya saya bilang "wake up Hayabusa" (kalau dia pakai Hayabusa). Dukung tim kalian dengan kata-kata positif.


12. Epic Comeback


Epic Comeback sering terjadi karna lawan terlalu sepele. Mereka akan kehilangan keseriusan dalam bermain dan tidak fokus. Bagi kalian yang sudah kalah dari segi torret atau pun kill, jangan pernah tekan menyerah. Sebab, ada waktu-waktu yang dapat memicu epic comeback. Selalu ulur waktu permainan, dan selalu berhati-hati dalam bermain. Selalu ada saat dimana tim lawan melakukan kesalahan. Contoh, ketika mm lawan berada jauh dari teman setimnya, segera bunuh mm lawan. Jika mm lawan terbunuh, gunakan kesempatan tersebut untuk war, atau push mid sama-sama dan 1 orang dari kalian menyerang lord. Ada juga kesalahan-kesalahan dari tim lawan lainnya, seperti mm mereka duluan mati ketika war, atau ketika war hayabusa dari tim kalian sedang push dan lawan tidak sadar, dll. Jangan pernah menyerah, gunakan timing yang tepat dalam bermain.


13. Mini Map


Mini Map sangatlah berguna dalam mengetahu posisi lawan. Mini map dapat memberitahu kapan saja waktu yang tepat untuk :

  • Menyerang turtle
  • Menyerang lord
  • Membantu teman setim
  • Push torret
  • Gang lawan


14. Bar Hero


Disebelah kanan mini map terdapat gambar hero teman setim beserta bar hp nya. Saya tidak tahu nama aslinya, anggap saja itu. Lihatlah itu dahulu sebelum membantu tim, atau memulai war. Apa bila teman kalian memiliki sedikit hp, jangan sesekali mengajak ia untuk gank lawan. Apa bila teman kalian memiliki sedikit hp, dan tidak bisa ditolong lagi, maka tinggalkanlah. Kalau teman kalian mati duluan sebelum kalian sampai, kalian juga ikut mati sia-sia. Disitu juga terdapat gambar hero lawan apa bila lawan mati. Itu dapat memberitahu kita berapa detik lawan tersebut hidup kembali dan hero apa yang mati. Gunakan itu untuk mempermudah kalian dalam war dan mundur. Contoh, mm atau mage lawan sudah mati, kalau kalian war pasti menang. Contoh lain, ketika kalian sedang mencoba push torret, tetapi waktu untuk hidup hero lawan tinggal 3 detik lagi, bersiaplah untuk mundur.


15. Backup


Diawal permainan, ketika salah satu dari tim kalian kalah war, baik itu di lane bawah, lane tengah, atau lane atas, segeralah melakukan backup. Contoh, posisi 3-1-1, tim di lane bawah kalah, maka yang berada di lane tengah segera ke bawah, salah satu dari lane atas pergi ke lane tengah. Apa bila teman sudah hidup kembali, baliklah pada posisi masing-masing. Ini mencegah lawan menghancurkan torret kalian dengan bebas.


Nah, segitu dulu catatan andre di kamar yang sempit ini, andre mohon maaf kalau masih ada kata-kata atau hal lain yang kurang berkenan dan kurang di fahami, semoga catatan kecil ini bisa membantu kalian lebih memahami game mobile legend ini ya kawan, kalau ada yang ingin di tanyakan atau mungkin kritik dan saran, silahkan tinggalkan di kolom komentar dengan senang hati andre akan menerimanya. See ya.

Load comments