JANGAN BELI E-MOPED SEBELUM TAU HAL INI

JANGAN BELI E-MOPED SEBELUM TAU HAL INI


Kamarsiandre.com - Sesuai dengan judulnya kali ini gw akan membahas soal Tren sepeda listrik yang sedang meningkat, hal ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik (elektrifikasi) atau electric vehicle. Penggunaan kendaraan listrik akan membantu mengurangi polusi udara dan telah terbukti secara matematis akan membuat beban biaya penggunaan akan lebih hemat jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil.

Salahsatu brand asal indonesia yang mendukung dan ingin menyukseskan program ini adalah Genio Bike dengan menghadirkan sepeda listrik jenis electric moped. Terhitung hingga oktober 2022, Genio bike telah merilis beberapa tipe Moped Electric yaitu Orby 1, Easton N1 dan Easton X1. Genio sedang dan akan terus mengembangkan produk elektrik tanpa batasan selama memiliki nilai manfaat yang tinggi untuk konsumen dan ramah bagi lingkungan. Saat ini Genio mengembangkan produk moped elektrik (motor-pedal). Kamu sudah punya e-moped? atau ingin memiliki e-moped? berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sepeda listrik jenis moped.


Antisipasi dari air (cuci atau kena hujan)

Port charger pada e-moped Genio Bike

E-moped bisa digunakan dalam kondisi hujan ringan, namun tidak direkomendasikan dalam skala hujan lebat. Begitu juga untuk mencuci sepeda listrik sebaiknya tidak menggunakan tekanan air yang terlalu keras dan jangan merendam. Tekanan air yang terlalu keras dapat menyebabkan air menerobos ke bagian sensitif komponen, maka hal tersebut harus dihindarkan. Berikut adalah bagian yang perlu diperhatikan terkait kontak dengan volume air berlebih:
• Menghindari genangan air yang terkena terus menerus seperti banjir. Hindari hub motor tergenang air.
• Menutup port charger USB dan port charger utama, hindari dari cipratan air.
• Hindarkan siraman air ke bagian tempat MCB berada (biasanya ada di bagian bawah sadel belakang).


Tekanan ban ideal dan berapa rekomendasi maksimal


Tekanan ban yang disarankan untuk sepeda listrik jenis moped adalah 30-35 psi. Semakin tinggi tekanan ban maka pengendaraan akan terasa lebih ringan dan getaran lebih terasa, sebaliknya semakin kurang tekanan ban maka pengendaraan akan terasa lebih berat. Beban maksimal yang disarankan adalah 120kg (termasuk penumpang dan muatan tambahan), dengan tekanan ban maksimal yang disarankan adalah 36 psi.



Informasi pada Digital Panel Display


Secara umum, Genio E-Moped menampilkan informasi kecepatan, level baterai dan jarak tempuh pada digital panel display. Informasi ditampilkan dengan sangat jelas, ringkas dan mudah dibaca. Perhatikan selalu indikator level baterai untuk memastikan baterai dalam kondisi siap digunakan. Indikator tambahan akan ditampilkan juga seperti status nyala lampu, status rem, lampu sein, dll.



Penggunaan Kunci


Untuk menyalakan sepeda listrik Genio dilengkapi dengan kunci manual dan tombol untuk alarm, menyalakan atau mematikan kelistrikan. Terdapat 3 tombol dengan simbol kunci tertutup, simbol elektrik dan kunci terbuka, silahkan cek penjelasan pada gambar berikut.
Catatan: Dengan penggunaan tombol kunci yang sama, pada tipe tertentu mungkin terdapat fitur yang tidak bisa digunakan (misal fitur keyless/ menyalakan motor dengan tombol).


Mekanisme cas dan warna indikator baterai/ charger


Secara umum, baterai yang sudah habis ditandai dengan lampu indikator berwarna merah. Sedangkan indikator lampu berwarna hijau menandakan baterai sudah penuh dan steker disarankan dicabut dari port. Untuk mengetahui berapa level baterai bisa dilihat pada digital panel display.

Secara standar, Genio merekomendasikan untuk tidak menggunakan charger merek lain. Pengisian daya pertama yang disarankan adalah 6-7 jam hingga baterai terisi penuh. Segera isi daya baterai (cas) ketika indikator pada digital panel display tersisa 1 bar.

Secara urutan, untuk pengecasan, hubungkan soket charger ke baterai (port charger pada motor) terlebih dahulu, kemudian hubungkan charger ke stop kontak listrik. Kalau baterai sudah terisi penuh (lampu indikator hijau), hentikan pengecasan, jangan biarkan overcharge supaya baterai lebih awet. Cabut stop kontak dari sumber listrik terlebih dahulu kemudian cabut charger dari port baterai.

Dalam kondisi tertentu, indikator pada charger mungkin bisa terjadi menampilkan status atau warna lampu yang tidak valid (misal: warna masih berwarna merah meskipun sudah lebih dari 7 jam cas). Jika terjadi demikan, 8 jam adalah batasan maksimal cas. Jika sudah lebih dari 8 jam sebaiknya kabel charger dicabut (menghentikan pengecasan).

Daya yang dibutuhkan untuk cas (charging)

Daya yang dibutuhkan kisaran 96-144 Watt, untuk mengetahuinya lebih pasti, cek spesifikasi pada charger berikut adalah contoh cara perhitungannya:
48V 2A Charger : 48 x 2 = 96 Watt; 48V 3A Charger : 48 x 3 = 144 Watt.

Menyalakan Sepeda Listrik Pertama Kalinya

Ketika pertama kali sepeda listrik dibeli dan sampai di tangan konsumen, bisa jadi saklar utama MCB masih dalam posisi OFF sehingga ketika menyalakan dengan memutar kunci ke tanda ON kendaraan masih belum aktif/ tidak menyala. Tak perlu kuatir, Anda cukup aktifkan arus listrik dengan merubah tuas MCB pada posisi ON. Saklar utama MCB biasanya ada pada bagian bawah sadel belakang. Buka sadel belakang, Anda akan menemukan saklar MCB.


Jenis Baterai E-Moped

Saat ini Genio menggunakan baterai SLA (Sealed Lead Acid) untuk tipe e-moped seperti Orby dan Easton generasi 2022, namun tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan menggunakan tipe baterai yang lain seperti Lithium-ion. Beterai SLA tiap tipe punya spesifikasi yang berbeda, seperti contoh Orby 1 menggunakan 36V 12Ah sedangkan Easton N1 36V 12Ah dan kompatibel dengan 20Ah.


Fitur Throttle dan Pedal Asist

Sepeda listrik E-moped dari Genio sudah didesain cocok untuk postur tubuh asia


Setiap e-moped dari Genio sudah dilengkapi dengan fungsi throttle (tuas gas) untuk mengaktifkan motor dan melaju pada kecepatan tertentu, namun tidak semua ada fitur Pedal Assist atau Pedal Electric. Pedal electric akan mengaktifkan motor jika penggunakan menggunakan pedal untuk menjalankan motor (gowes), hal ini untuk menghemat baterai sekaligus mendapatkan pengalaman bersepeda.



Fungsi MCB dan sekring pada sepeda listrik untuk keamanan


Sekring (fuse) dan susunan baterai SLA pada e-moped Genio


MCB (Miniatur Circuit Breaker) berfungsi sebagai sistem proteksi pada instalasi listrik. Secara prinsip kerja, jika terjadi beban berlebih komponen ini akan memutus (OFF) aliran arus listrik secara otomatis untuk menghindari efek korsleting yang membahayakan. Begitu juga dengan sekring (Fuse) akan memutus arus jika terjadi arus berlebih atau korsleting. Jika fuse telah terputus maka harus diganti dengan yang baru. Wajib gunakan sarung tangan saat pemasangan sekring, jika kurang wawasan mengenai kelistrikan disarankan untuk menghubunsi service center atau menyerahkan pada yang ahli kelistrikan.


Garansi sepeda listrik

Sebagai pelanggan tentunya kita ingin ada jaminan bahwa produk yang kita beli adalah produk yang berkualitas agar kita merasa tenang dan nyaman saat memakainya, makanya untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan Genio Bike memberikan garansi untuk produknya dalam hal ini sepeda listrik. Untuk mendapatkan informasi tentang Cakupan Garansi, Bagian dan Masa Berlaku Garansi, Kondisi diluar Cakupan Garansi, Pengajuan Klaim Garansi dan Customer Service silahkan cek informasinya di halaman website Genio bike.

Gimana, setelah tau info-info tersebut apa kalian makin yakin untuk membeli E-moped ? jangan lupa kasih tau pendapat kalian di kolom komentar ya....see you guys.


Sumber: www.genio.bike
Load comments